20120523

A∴A∴ (Astrum Argentum)

Simbol ini merupakan perlambangan dalam kelompok Ilmu Kebatinan Astrum Argentum atau Bintang Perak, yaitu kelompok gaib mula-mula yang didirikan oleh Aleister Crowley setelah dikeluarkan dari Golden Dawn (Fajar Emas) dan temannya, George Cecil Jones. Ketika Crowley diangkat menjadi pemimpin Ordo Templi Orientis, dia juga menjadi kelompok sisi luar A∴A∴. Maka dibuatlah sebuah simbol yang mewakili A∴A∴. dan Ordo Templi Orientis atau O.T.O. Simbol ini bernama The Sigillum Sanctus Fraturniatus Astrum Argentum (Materai Kudus Persaudaraan Bintang Perak).

The Sigillum Sanctus Fraturniatus A∴A∴
Bagian luar materai yang berbentuk septagram merupakan lambang kelompok sisi luar dan menggambarkan jabatan tertinggi Vault Adepti (tingkat 5=6, G.D.) serta simbol dari Babalon, nama suci dari Binah. Nama ini berhubungan dengan Pendeta Tertinggi dalam Tarot (wanita), yang dalam Tarot Thelemic diberi nama "Priestess of the Silver Star" atau "Pendeta Bintang Perak". Menurut sistem gematria Ibrani, nama Babalon jika dinumerisasi akan menghasilkan nilai 156. Crowley juga merancang sebuah rumus matematika rahasia yang terdiri dari tujuh angka tujuh:

Rumus Babalon

Gambaran susunan beberapa angka tujuh di bagian tengah materai keanggotaan Bintang Perak merupakan versi rumus Babalon buatan Crowley yang sudah ditata dan diatur rapi. Dan gambaran bulatan lonjong di tengah materai diadaptasi dari gambar materai Perguruan Tinggi Thelema (College of Thelema, atau disingkat CoT).

Materai CoT.

Simbol ini awalnya dipakai sebagai liontin pribadi sang pendiri CoT, Phyllis Seckler, namun kemudian dipilih sebagai materai resmi Perguruan Tinggi Thelema. Perlambangan ini merupakan versi adaptasi dari liontin para Martinis; huruf Ibrani yod di tengah segitiga digantikan dengan Mata Horus. Merpati dan Piala dalam simbol ini bermula dari simbolisme tradisional Kristen yang menggambarkan turunnya Roh Kudus dan sebuah Piala yang melambangkan sakramen misa. Berikut materai Cancelliarus, atau chancellor (ketua penanggung jawab), yang merupakan petugas kelompok ini:

Materai Cancelliarus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar