20120524

Matahari

Matahari
Simbol lingkaran dengan sebuah titik di tengahnya merupakan simbol yang amat kuno. Ideogram seperti ini nampaknya telah digunakan di setiap lapisan budaya di bumi ini. Dan di manapun ia ditemukan, ia selalu mengandung arti yang sama: matahari atau sesuatu yang berkaitan erat dengan matahari, misalnya hidrogen (dalam ilmu kimia abad ke-19 versi Dalton). Lambang ini bisa berarti cahaya matahari dalam sistem meteorologis, emas dalam alkimia, tanaman bersiklus hidup setahun (siklus matahari) dalam botani, alat kemudi pada lokomotif sebagai ideogram rel kereta api, dan juga di sini ada orang-orang berwatak buruk pada tanda hobo baik di Inggris maupun di AS. Dalam bagan kelautan, simbol ini digunakan untuk cerobong asap, menara, dan bangunan tinggi dari jauh yang dapat terlihat dari laut.

Dalam ilmu mistis Kabbalah, malaikat tinggi Michael berkaitan dengan matahari dan hari matahari, "Sunday" (Minggu). Simbol inilah yang digunakan untuk menggambarkan malaikat tinggi Michael.

Jika bukan mengarah pada matahari atau emas, dalam ideografi modern simbol ini lebih sering menunjukkan sebuah titik pusat. Simbol bermakna seperti ini bisa ditemukan dalam kartografi atau berbagai jenis denah. Sama seperti para pramuka cilik Swedia yang menggunakan simbol ini untuk menyampaikan aku sudah pulang di rumah (pusat bagi anak-anak adalah rumah).

Dalam astrologi kebatinan, simbol ini menggambarkan percikan ciptaan yang berasal dari kesadaran ilahi yang terdapat dalam setiap individu, yang membuat kita terhubung kepada sumber dan asal muasal kehidupan, dan hal ini menjadikan kita sebagai rekan pencipta isi dunia ("Aku berpikir, maka aku ada," seperti yang diucapkan Descrates). Dalam psikologi astrologis, simbol ini melambangkan keinginan untuk hidup dan energi hidup seseorang. Energi kehidupan ini diwarnai oleh tanda zodiak yang di mana simbol ini diposisikan pada saat kelahiran seseorang, menurut para astrolog.

Dalam tubuh manusia, simbol ini melambangkan jantung, sirkulasi darah, dan tulang belakang. Sebagai simbol untuk kehidupan individual manusia, dalam tabel kelahiran ia melambangkan laki-laki pada umumnya, orang-orang yang berkuasa, serta pemimpin politik dan agama. Ia juga berkaitan dengan citra ayah. Simbol ini menguasai bintang Leo.

Simbol lain untuk matahari:


Lambang ini berasal dari Peru abad ke-12 dan kemungkinan merupakan lambang Inca untuk matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar