20120521

Penggaris dan Jangka

Penggaris Persegi dan
Jangka
Salah satu simbol yang paling sering muncul dalam Freemason adalah simbol jangka dan penggaris persegi yang berseberangan. Jangka dan penggaris merupakan peralatan arsitek, karena itulah simbol ini merupakan perlambangan Tuhan sebagai arsitek alam semesta dalam segala hal.

Sebagai alat pengukur, peralatan ini mencerminkan pertimbangan dan ketajaman.

Jangka yang digunakan untuk membentuk lingkaran mencerminkan alam rohani--kekekalan. Merupakan sebuah makna simbolis penetapan dan pembatasan prinsip, serta ikatan yang tak terputus.

Sisi persegi penggaris, merupakan simbol dari bumi dan alam materiil. Penggaris persegi mencerminkan keadilan, keseimbangan, ketegasan, dll., sehingga tercipta beberapa frasa dalam bahasa Inggris seperti "on the square" (sedang diadili/dipertimbangkan) dan "squared away" (telah diadili/dipertimbangkan). Sesuatu yang telah dipersegikan adalah sesuatu yang stabil, sebuah fondasi yang baik untuk bangunan.

Bersama-sama, jangka dan penggaris persegi membentuk sebuah titik temu antara roh dan jasmani serta titik temu antara tanggung jawab surgawi dan duniawi. Dua simbol ini akan membentuk heksagram bila digabungkan, bermakna persatuan antara bumi dan surga, materi dan jiwa, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar